Minggu, 11 Maret 2012

"CARA MEMBUAT SABUN"



CARA  Membuat Sabun.
1.     Soda api atau alkali dicampur dalam air kemudian dimasak sampai 45 C.
2.   Minyak sawit di masak 45 C. Bila untuk sabun mandi cukup kelapa sawit saja. Tetapi kalau dimaksud untuk sabun kecantikan dicampur dengan minyak zaitun agar kulit lebih halus. Boleh juga ditambah dengan minyak  wijen.
3.  Air dan soda api yang sudah dimasak 45 C dimasukan ke blender, diikuti dengan minyak sawit yang sudah dimasak 45 C. Kemudian keduanya diblander sampai tercampur rata.
4.   Untuk membuat wangi atau nantinya sabun bisa memiliki cita rasa buah, maka perlu menggunakan buah-buah yang segar. Untuk membuat sabut rasa apel. Apel dibersihkan tidak perlu dikupas, namun isi dalam apel tersebut harus dikeluarkan. Kemudian apel diblander sampai halus.  Sedangkan kalau ingin membuat rasa apukat, maka dipilih apukat setegah matang biar tidak blenyek. Termasuk buah anggur juga harus dikeluarkan bijihnya.  Kalau ingin membuat sabun serai, maka capuran soda dan minya ditambah dau serai yang dihaluskan.
5.     Buah yang sudah diblender kemudian campur dangan campuran air, soda api (alkali) yang sudah diblender tadi.  Sedangkan pemblenderan harus sempuran sampai tercampur rata.
6.    Campuran yang  bahan-bahan sudah diblender, kemudian masukkan cetakan dengan loyang, tergantung mau membentuk bulat, kotak atau bintang. Sedangkan cetakan bisa menggunakan karton  untuk membuat kue.  Untuk bisa dikemas ditunggu 2 minggu.
7.    Harga sabun perbatang  dihargai satu  1,5 dollar.  

Manfaat Buah:
        Sedangkan manfaat buah Anggur:  melindungi hati; memperbaiki sirkulasi (termasuk bagi kondisi seperti varicose veins, bengkak, lebam (bruise), dan pandangan kabur); melancarkan pembuangan air besar; memperbaiki tone dan kekenyalan kulit; melawan bakteria mulut yang menyebabkan sakit gigi.
        Manfaat Apel. buah apel menyimpan beragam khasiat untuk kecantikan, Atasi masalah kulit berminyak

1 komentar: