Selasa, 24 Juli 2012

"POHON KURMA BISA BERBUAH DI INDONESIA"

Ini adalah pohon kurma di Surabaya Jatim, tepatnya di kebun belakang Pondok Pesantren Darussalam, Jalan Nginden II/7 Surabaya. Umur pohon ini 7 tahun pada tahun 2011. Fenomena pohon kurma bisa berbuah di Indonesia , walaupun umumnya pohon kurma maksimal hanya bisa tumbuh dan besar saja. Namun kenyataan pohon kurma bisa tumbuh dan berbuah di pondok Darusalam Surabaya. Buah pohon kurma ini bisa dimakan meskipun tidak dikawin intinya harus betina, namun rasanya aga kering dan kurang enak. Kalau menginginkan rasa enak harusnya dikawinkan antara pejantan dan betina. Fenomena buah kurma bisa berbuah tidak hanya di Surabaya, tetapi juga di Bogor, seperti di bawah ini. 
                                           

Sedangkan pohon korma ini letaknya di  Restoran Bukit Gumati milik Mulyatma Supardi, dua buah pohon kurma ini tumbuh subur dan berbuah. Menurut Beny (2011) bahwa pohon kurma memang dapat tumbuh di tanah Indonesia lebih baik dari pohon yang di Arab. Contoh: Di Arab hasil panen buah kurma per pohon 120 kg sedang di Malaysia 200 s/d 300 kg., ini karena tanahnya subur. Pohon kurma ada 2 jenis - perempuan dan jantan. Semua pohon perempuan yang dapat berbuah tetapi buahnya tidak enak di makan ini karena tidak dikawin dengan serbuk/pollen dari pohon jantan. Jadi jangan salah paham mengenai buah yang enak sama yang yang tidak enak. Indonesia ketinggalan masalah tanaman kurma dengan Malaysia, Kamboja, Muangthai, apa lagi Australia. Sedangakn Menurut ahli pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), DR Sobir (2011) bahwa pertumbuhan pohon kurma di kawasan Bogor terjadi karena ada perubahan genetik yang terjadi pada biji kurma sebagai bagian untuk pengembangbiakan. “Biji kurma yang menjadi bibit pohon, merupakan hasil penyerbukan terbuka yang terjadi pada spesies tanaman kurma. Kombinasi hasil penyerbukan tersebut langka sehingga membuat biji buahnya bisa tumbuh di iklim yang bukan tempat asalnya. Bisa disimpulkan bahwa pohon kurma yang tumbuh di Indonesia ternyata tidak hanya bisa tumbuh saja, tetapi bisa berbuah, mari mencoba untuk tanam buah kurma siapa tahu bisa jadi petani kurma.



 Daptar Pustaka
Sumber : http://www.antarajatim.com/lihat/berita/70132/pohon-kurma-ajaib-berbuah-di-surabaya. (diundu 23-7-12)

 http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=4070424278935086257#editor/target=post;postID=269285124876474489. (diundu 23-7-12)


2 komentar: