Rabu, 25 Juli 2012

MANFAAT DAUN BUAH DAN BATANG CIPLUKAN



Mungkin orang akan menganggap enteng dengan tanaman ciplukan, karena ciplukan bagi masyarakat. Terutama para petani di desa dianggap tanaman sejenis rumput yang mengganggu tanaman palawija. Sebab umumnya ciplukan ini tumbuh subur pada waktu para petani mengganti tanaman padi dengan palawija. Misalnya berguna paling hanya untuk pakan kambing, atau buahnya ketika sudah matang diambil oleh anak-anak. Padahal ciplukan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan atau bisa mengobati beberapa penyakit. Sebagaian masyarakat tertentu  ada yang mengetahui manfaat  dan kasiat ciplukan. Berbeda dengan Amerika Latin negara barat termasuk Australia dan Seledia Baru membudayakan tanaman ini untuk obat dan diekspor ke Eropa. Ciplukan dalam bahasa latinya dikenal (Physalis angula).
Menurut Irhamtaro (2012) ada beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan ramuan ceplukan antara lain: Hipertensi. Sediakan 5 gram brankas (herba kering) ceplukan dan masukan kedalam air 110 ml. Rebus campuran tersebut selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk selanjutnya saring dan biarkan sampai dingin. Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 100 ml. Sebagai perhatian, air rebusan yang sudah disimpan lebih dari 24 jam tidak boleh diminum karena sudah rusak; Kencing Manis. Untuk mengobati kencing manis, sediakan 10 gram brankas ciplukan dan air 400 ml. Cara pembuatan ramuan dan aturan pemakaiannya sama dengan untuk mengobati hipertensi; Bisul. Untuk mengobati bisul, sediakan 1 genggam daun ciplukan, 1 sendok teh adas pulasari, 1 lembar daun sirih, dan sedikit garam. Campurkan semua bahan tersebut dan diremas-remas hingga menjadi lembut. Oleskan sekitar bisul. Bisul akan cepat pecah dan cepat kering; Borok. Ambil 1 genggam daun ciplukan dan tambahkan 2 sdt air kapur sirih. Tumbuk sampai halus, lalu tempelkan ke bagian yang sakit; Gusi Berdarah. Karena kaya vitamin C, buah ciplukan bisa digunakan untuk menyembuhkan gusi berdarah, caranya, makanlah 30 buah ciplukan segar setiap hari.
          Menurut penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM pada tahun 2012, yang dilakukan oleh Denok Kumalasari, Rahmi Wijayanti, Intin Nurwati, dan Ridho Andika Putra, bahwa ciplukan sudah banyak digunakan sebagai ramuan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Namun pengolahan yang dilakukan masih manual yaitu dengan direbus, hal itu kurang efektif. Mahasiswa fakultas peranian UGM menyajikan daun ciplukan dengan metode celup, seperti teh celup, pertimbangan biar simple kayak teh pada umumnya. Menurut Denok (2012) bahwa dengan teh celup daun ciplukan memiliki kadaluarsa maksimal 2 tahun seperti teh yang dikosumsi oleh masyarakat, sedangkan senyawa  yang terkandung di ciplukan adalah flavonoid  sekitar 4 %. Fungsi dari flavonoid dalam ciplukan dapat berfungsi menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Penderita diabet umumnya insulinnya tidak berfungsi,  sehingga tak mampu lagi mengubah gula dalam tubuh menjadi energi. Dengan adanya  flavonoid ini berfungsi memperbaiki dan mengembalikan fungsi insulin dalam tubuh. Pada ciplukan juga terdapat senyawa antioksidan, yang  dapat menangkal radikal bebas. Sedangkan cara pembuatannya daun dan batang ciplukan dikeringkan dengan oven dengan suhu 200 derajat sampai kadar ciplukan karang airnya hanya sampai 3 s/d 4 %. 
    Menurut penulis ciplukan lebih praktis lagi perlu dibuat  kapsul, pembuatannya perlu dilihat pada cara pembuatan serbuk daun sirsak edisi beberapa bulan yang lalu yaitu keringkan di oven sekitar 40 deraat. atau bisa dengan cara tradisonal dikeringkan tetapi tidak kena matahari langsung atau diangin-anginkan, biar klofilnya tidak hilang. 
          Dengan paparan di atas, para pembaca semoga bisa mengambil manfaat dari ciplukan bagi kesehatan dan obat berbagai macam penyakit. Semua itu tergantung dengan kita sendiri, apakan mau memanfaatkan sesuatu di alam seperti ciplukan ini contohnya sebagai obat. Pertama lebih murah dan bisa dicari disekitar kita, mari kita back to nuture.







Dapus

irhamtaro. (2012). http://irhamtaro.wordpress.com/2011/01/05/khasiat-buah-ceplukan-2/#more-130. (diambil 22-7-12)

1 komentar:

  1. jual pohon ciplukan perbatang 40rb, berkhsiat mengobati segala macam penyakit, jika berminat hub : 085741763739 - 081392063389 mujiono

    BalasHapus