Rabu, 18 Januari 2012

KAMBING ETAWA: PURWOREJO.

KAMBING ETAWA: PURWOREJO.

Kambing Etawa, merupakan kambing pengasil susu. Setiap hari kambing ini menghasilkan susu antara 1 s/d 1,5 liter. Sedangkan kadungan susu kambing Etawa memiliki PE empat kali lebih besar dari pada susu air ibu (ASI), dan empat kali susu sapi. Namun kambing ini mudah terserang penyakit, terutama kembung, ciri-cirinya perut buncit. Untuk mengatasi  kembung perut digosok dengan kain yang diberi minyak. Ketika kambing ini melahirkan, selama 4 bulan harus diberi nanas agar susu makin lancar. Sedangkan anaknya diletakkan dikandang khusus dengan diberikan lampu 10 watt, biar hangat dan tidak mudah sakit. Biasanya kakinya tidak sismetris, maka perlu dipijat, untuk menghindari kececatan dini. Agar kakinya simitris.
Cara memerah susu, bisa kambing ditidurkan dengan puting susu dimasukkan botol air mineral. Atau bisa dengan berdiri. Sedangkan produk susu bisa sanrai dengan dicampur gula di wajan, api jangan terlalu besar abil, terus diaduk.. dan bisa dibuat krupuk susu.

1 komentar:

  1. numpang iklan pak...MAU TERNAK KAMBING YANG NDAK PERLU NGARIT, NDAK PERLU TANAM RUMPUT, KOTORAN NDAK BAU. KAMBING MAKAN NDAK PERNAH KENYANG, MAU MAKAN APA SAJA. BIAYA OPERASIONAL MURAH, UNTUNG BESAR, PELATIHAN GRATIS. INFO HUB: MAS DWI, KEBUMEN, HP. 081915014300.

    BalasHapus